Langsung ke konten utama

Syarat Kambing Aqiqah

Pelaksanaan aqiqah selalu ditandai dengan adanya pemotongan hewan aqiqah yakni kambing serta mencukur rambut si jabang bayi yang telah lahir. Hewan kambing yang dijadikan aqiqah tidak dibatasi harus berjenis kelamin jantan atau betina. Sehingga Anda tidak akan kesulitan dengan mahalnya harga Kambing Kurban maupun Kambing Aqiqah jantan. Karena kidak disyaratkan kambing untuk aqiqah harus jantan atau harus betina seperti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لايضركم أذكرانا كن أم إناثا
“Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).
Berikut ini adalah ketentuan hewan yang diperbolehkan untuk aqiqah :
  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan kambing yang berjenis kelamin laki-laki atau kambing jantan atau betina.
  2. Tentang umur dari kambing itu sendiri mereka mengkiaskan dengan umur kambing dhahaayaa (kambing qurban), yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.
  3. Adapun tentang sifatnya pun dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.
Berdasarkan pengamatan kenaikan harga kambing kurban dan kambing aqiqah dari tahun ke tahun mengalami kenaikan prosentase sebesar 15-30%. Sehingga layanan jasa aqiqah berinisiatif membantu anda dalam pelaksanaan aqiqah dengan harapan anda dapat melaksanakan sunnah tanpa terbebani. Aqiqah Berkah menawarkan kepada anda yang ingin melaksanakan aqiqah untuk putra putri anda.
Selain harga kambing kurban, pada tahun lalu kambing aqiqah untuk ukuran 20-25 Kg dapat mencapai harga 1.200.000 hingga 2.500.000. Besar kemungkinan pada tahun ini harga kambing aqiqah menaik dikarenakan harga barang yang semakin naik dan segera terwujudnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Menurut prediksi dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bahwa rata-rata inflasi diprediksi mencapai 4,3 persen pada tahun ini.
Di era  serba digital dan menuntut hal yang praktis ini mulai banyak kalangan yang ingin menjalankan aktivitas tanpa meninggalkan ibadahnya sehingga mulai bermunculan jasa aqiqah. Penawaran paket aqiqah dari berbagai jasa layanan aqiqah di Indonesia telah hadir untuk membantu dalam melaksanakan aqiqah secara ajaran Islam. Paket aqiqah yang ditawarkan dari para jasa layanan aqiqah beragam mulai dari harga kambing aqiqah, harga paket daging kambing aqiqah hingga menjadi menu masakan yang siap untuk disalurkan ke beberapa dhuafa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Messi, Kambing (PE) Yang di tawar 120 Juta Rupiah

Seekor kambing Peranakan Etawa (PE ) milik Kumaidi ( 40 ) warga Dusun Ngadiwinatan 2, Desa Karanganyar, Borobudur pernah ditawar Rp 120 juta. Dengan alasan 'eman-eman' permintaan tersebut ditolaknya.

Kambing PE (Perternakan Etawa)

Kambing ini merupakan  hasil persilangan antara kambing Etawa dengan kambing lokal/Kacang, dengan tujuan lebih mampu beradaptasi dengan kondisi Indonesia. Kambing ini dikenal sebagai  kambing PE (Peranakan Etawa) , dan saat ini juga dianggap sebagai kambing Lokal. 

Kambing Kacang

Kambing kacang adalah ras unggul kambing yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Kambing kacang merupakan kambing lokal Indonesia, memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi alam setempat serta memiliki daya reproduksi yang sangat tinggi. Kambing kacang jantan dan betina keduanya merupakan tipe kambing pedaging.